ketuk play untuk melihat tayangan DMTV Malang

DKD Pencak Silat Tradisional Kabupaten Malang Gelar Musda Jelang Festival Pencak Silat 2023

Malang-satupenatv.com

Dewan Kesenian Pencak Silat Tradisional Kabupaten Malang Jawa Timur Menggelar musyawarah dan sosialisasi terhadap sejumlah pengurus perguruan pencak silat se- Kabupaten Malang. Acara yang berlangsung di pendopo Desa Undaan, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang Jawa Timur, pada sabtu 7 oktober 2023 kemarin.

Pertemuan yang melibatkan puluhan pengurus perguruan pencak silat tradisional kabupaten malang itu digelar seiring akan berlangsungnya festival pencak silat tradisional tahun 2023 yang rencananya, akan berlangsung pada tanggal 20 hinga 22 Oktober 2023 mendatang.

Selain itu, dalam pertemuan ini  Juga turut dihadiri oleh H. Gunawan,SH.M.Hum yang merupakan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Jawa Timur yang juga menjabat selaku Dewan Penasehat seni dan budaya pencak silat Jawa Timur, perwakilan Dinas Pendidikan Malang, para petinggi padepokan silat dari berbagai kecamatan se Kabupaten Malang dan sejumlah tamu undangan lainnya.

H.Gunawan,SH.M.Hum Penasehat penasehat seni dan budaya pencak silat Jawa Timur, kepada media ini mengatakan.kegiatan pertemuan ini merupakan salah satu wujud penguatan kehidupan berbangsa dan bernegara, di mana melalui pecinta seni ini nantinya juga dapat menjadi ujung tombak pemersatu bangsa.

Selain itu pihaknya juga berharap, dengan adanya acara ini nantinya dapat menggugah kembali kesenian pencak silat yang ada di Kabupaten Malang, yang menurutnya, kesenian tradisional pencak silat ini telah mulai tengelam oleh banyak nya budaya luar.

Sementara itu Dr.Suroso.S.Pd.M.Si. Dewan penasehat kesenian Kabupaten Malang kepada jurnalis media 1pena.co.id  mengaku banga karena dapat mengikuti kegiatan sosialisasi Pentra, di mana dalam kegiatan ini membahas terkait pelaksanaan festival pencak silat tradisional yang akan berlangsung pada tanggal 20 hingga 22 Oktober mendatang.

Dimana menurutnya dalam festival itu nantinya ada tiga jenis kategori yang akan di perlombakan, diantaranya pencak silat perorangan, berpasangan dan juga regu. Yang untuk saat ini akan diawali dengan 13 padepokan pencak silat dan nantinya dapat berkembang di seluruh coordinator yang ada di kabupaten malang. ( Sunarto B. )

KETUK PLY UNTUK MELIHAT SIARAN SAMPIT TV