ketuk play untuk melihat tayangan DMTV Malang

Danrem 012/TU : Tradisi Meugang Di Aceh, TNI Junjung Kearifan Lokal

Meulaboh-satupenatv.com

Danrem 012/Teuku Umar, Kolonel Inf Deni Gunawan, menyerahkan 3 ekor sapi kepada Ustad Aan untuk disembelih dalam rangka Meugang, sebuah tradisi Aceh menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H di halaman Masjid Al-Ikhlas Makorem 012/TU pada Sabtu (9/3).

Didampingi Kasrem dan para Kasi Korem 012/TU, Danrem 012/TU menjelaskan bahwa tradisi meugang merupakan turun-temurun yang dipraktikkan masyarakat Aceh untuk menyambut bulan Ramadhan, Idul Fitri, dan Idul Adha.

Tradisi ini identik dengan pemotongan hewan ternak seperti sapi, kerbau, dan kambing, kemudian dimasak dan dinikmati bersama keluarga, kerabat, dan tetangga sebagai bentuk rasa syukur atas kemakmuran dan rezeki yang berlimpah.

“Kami selaku TNI yang berada di Aceh turut menyesuaikan dan menjunjung tinggi serta melestarikan kearifan lokal,” ujar Danrem 012/TU Kolonel Inf Deni Gunawan yang didampingi Kasrem dan para Kasi Korem 012/TU.

Danrem 012/TU juga menyampaikan ucapan Selamat menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan 1445 H kepada Prajurit dan Persit jajaran Korem 012/TU serta masyarakat Barat Selatan Aceh yang beragama Muslim, seraya mengajak untuk saling memaafkan, sucikan hati, dan menjaga persatuan.

Prosesi pemotongan 3 ekor sapi dibantu oleh prajurit Makorem 012/TU, dengan harapan daging Meugang dapat bermanfaat bagi seluruh anggota Makorem 012/Teuku Umar dan Balak jajaran Korem 012/Teuku Umar serta keluarga besar Korem 012/TU.

KETUK PLY UNTUK MELIHAT SIARAN SAMPIT TV