Mahasiswa KKN Universitas Uniki Bireuen Ciptakan Pupuk Penyebur Tanaman

0:00

 

Bireuen-satupenatv.com:Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN Universitas Uniki Bireuen periode 18 juli – 18 Agustus 2024 melakukan pembuatan pupuk penyubur tanaman dengan memanfaatkan dari hasil alam di Desa Mon mane Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen, Senin (5/8/2024).

Mahasiswa KKN Jurusan Pertanian, Nelis menyebut Pupuk Penyubur Tanaman yang dibuat dapat berasal dari bahan-bahan seperti kompos, daun bambu, bambu muda, daun lamtoro, sabut kelapa serta air kelapa tua.

Baca juga  Pantai Cemara Ganda Pura Ajang   Pertemuan Silaturrahmi Alumni   88 SPG Negeri Bireuen.

Lanjutnya, mamfaat yang tentunya didapat dari pupuk organik penyubur tanaman yang dibuat yaitu dapat memperbaiki struktur tanah, hal tersebut dapat meningkatkan retensi air, drainase tanah, serta kepadatan dan porositas tanah.

“Selain itu, juga dapat meningkatkan kesuburan tanah, menyediakan nutrisi lengkap bagi tanaman, dan meningkatkan produktivitas tanaman,” ungkapnya.

Pada sesi pembuatan pupuk, nampak warga sangat antusias. Mereka juga dapat mengurangi ketergantungan penggunaan pupuk kimia yang selama ini telah digunakan karena berpotensi merusak lingkungan dan kesehatan dalam jangka panjang.

Baca juga  80 Peserta Mengikuti Sosialisasi Pemantapan Ideologi dan Pembinaan Bela Negara.

Amanda selaku Ketua KKN , Ia berharap proses pembuatan pupuk organik ini dapat berlanjut, masyarakat dapat berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan alam. Proses pembuatan dan penggunaan pupuk organik juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem Alam.

“Hal ini dapat memicu perubahan perilaku menuju gaya hidup yang lebih ramah lingkungan,” pungkasnya (Neng Juli)

ketuk play untuk melihat tayangan DMTV MalangKETUK PLY UNTUK MELIHAT SIARAN SAMPIT TV