Muklis Takabeya Bangkitkan Kesenian Rapa’i Yang Tenggelam Ditelan Zaman

0:00

 

Bireuen – malam hiburan rakyat yang diwarnai Even Festival Rapa’i Meuseuraya diapangan Polo Kiton Bireueu 24/25 Sabtu, 24 Agustus. 2024.

Mayarakat Bireuen diberbagai Kecamatan dalam Kabupaten Bireuen lebih kurang seribu orang turut menyaksikan malam hiburan rakyat .

Ketua DKA Kabupaten Bireuen H Mukhlis, ST dalam sambutannya menyampaikan ucapan rasa terima kasih kepada seluruh seniman dan budayawan serta masyarakat Kabupaten Bireuen atas dukungannya selama ini dalam berbagai kegiatan Dewan Kesenian Aceh Kabupaten Bireuen.

“Yang konteksnya adalah membangun peradaban ekosistem berkesenian dan berkebudayaan di bawah bendera Kabupaten Bireuen,” ujarnya.

Disebutkan, selama berjalan hampir dua periode tampuk Dewan Kesenian Aceh Kabupaten Bireuen di bawah pundaknya, banyak prestasi yang telah diraih.

Baca juga  Pengambilan Sumpah Dan Penyerahan SK Pengangkatan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja Formasi Tahun 2023

Diantaranya DKA Bireuen pernah meraih penyaji terbaik tingkat International dalam Kegiatan Damanhoure Folkklore di Kairo Mesir.

Penyaji Terbaik di beberapa cabang lomba dalam HUT TMII di Jakarta dan pada Pekan Kebudayaan Aceh tahun lalu menempati peringkat III dan sejumlah prestasi yang diperoleh di sejumlah ajang lainnya.

Dikatakannya, Dewan Kesenian Aceh Kabupaten Bireuen juga rutin menggelar perhelatan akbar setiap tahunnya salah satunya adalah Festival Rapai Bireuen Meuseuraya ini.

“Semoga pelaksanaan kegiatan Festival Rapai Bireuen Meuseuraya ini dapat terus dipertahankan pelaksanaannya setiap tahun,” harap Ketua DKA Bireuen ini.

Baca juga  Perkuat Pematangan TIM, Ini Yang Dilakukan DPW Soulmete Prabowo 08 Aceh

Sebelumnya, Ketua panitia pelaksana Fauzan, S.Pd melaporkan, Festival Rapai Bireuen Meuseuraya 2024 ini merupakan kegiatan Dewan Kesenian Aceh, Kabupaten Bireuen dalam rangka menyemarakan HUT Ke-79 RI Tahun 2024.

Dengan tujuan HUT RI ke- 79 sebagai pelestarian dan regenerasi adat dan kebudayaan Aceh pada umumnya dan Bireuen pada khususnya.

Kegiatan dengan mengangkat tema Apresiasi Seni Budaya Menuju Bireuen Gemilang Jaya digelar mulai 24/8 hingga 25/8-2024 di Lapangan Sepak Bola, Pulo Kiton, Kota Juang.

Kegiatan festival ini dibuka secara resmi oleh Penjabat (Pj) Bupati Bireuen Jalaluddin. S.H., M.M, di lapangan sepak bola, Pulo Kiton, Kota Juang, Sabtu (24/8/2024) malam.

Baca juga  Kajari Bireuen Tinjau Pembangunan Lumbung Pangan Desa Buket Teukuh

Neng Juli

ketuk play untuk melihat tayangan DMTV MalangKETUK PLY UNTUK MELIHAT SIARAN SAMPIT TV