Bintek Peningkatan wawasan Kependidikan di Lingkungan Sekolah Dasar

0:00

BIREUEN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ( Disdikbud ) Kabupaten Bireuen melalui Bidang Pembinaan Sekolah Dasar (SD) menyelenggarakan Bintek Peningkatan Komite Sekolah dalam Peningkatan Wawasan Keoendidikan dilingkungan Sekolah Dasar (SD) di Wisma Bireuen Jaya, 11 September 2024

Kegiatan ini guna untuk mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan dan program pendidikan di satuan pendidikan. Komite sekolah memiliki peranan yaitu pemberi pertimbangan, pendukung, baik berupa dukungan finansial, pemikiran, dan tenaga, dan perannya dalam penyelenggaraan pendidikan yang diantaranya sebagai agen pengontrol dan mediator.

Menurut Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Fauzan S.Pd,. MM mengatakan dalam laporannya peserta yang ikut 233 Komite dari seluruh Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Bireuen

Baca juga  Pj Bupati Bireuen Beertindak Insfektur Upacara Hut RI ke - 79.

Bimtek ini merupakan pengimplementasian Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2016

“Tentang Komite Sekolah sebagai lembaga mandiri yang beranggotakan orang tua/wali peserta didik, tokoh masyarakat, dan komunitas sekolah yang peduli terhadap pendidikan.

Sebelumnya Bimbingan Teknis tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Disdikbud Bireuen Muslim, M.Si yang dilaksanakan 2 hari 11 dan 12 Sebtember 2024

Dalam Sambutanya Muslim, kegiatan ini disekengarakan Untuk
menciptakan Lingkunga belajar yang kondusif dan termotivasi serta memberikan dukungan yang tepat kepada para pendidik peran dari komite sekolah dan pihak sekolah sangat dibutuhkan.

Baca juga  Pj. Bupati : Kaum perempuan terus kembangkan peran dan kontribusi di semua bidang kehidupan

Dikatakannya, untuk mewujudkannya diperlukan kekompakan dan sinergitas antara pihak sekolah dengan komite sekolah.

Meski kita ketahui masih ada antara kedua belah pihak yang tidak sejalan sehingga apa yang menjadi tujuan sekolah jarang bisa tercapai seperti yang diharapkan,” katanya.

Selain itu, kata Muslim, yang paling penting peran aktif pihak sekolah dan komite sekolah dalam menyelesaikan berbagai permasalahan sekolah, seperti dengan wali murid atau dengan peserta didik dan dengan pihak lainnya.

“Apapun permasalahan yang ada disekolah penyelesaiannya harus diselesaikan secara bersama-sama,” imbuh Muslim.

Baca juga  Jumat Curhat Perdana, Kapolda Aceh Jawab Keresahan Masyarakat terkait Rohingya

Kegiatan menghadirkan dua orang sebagai narasumber yaitu As’ari, S.Pd., M.Pd dari Widyasuara BPMP Aceh dan M.Thaib, S.Pd dari Majelis Pendidikan Aceh Kabupaten Bireuen .

NENG JULI

ketuk play untuk melihat tayangan DMTV MalangKETUK PLY UNTUK MELIHAT SIARAN SAMPIT TV