ACEH, Pidie  

Pj Bupati Pidie Sambangi Korban Keracunan Makanan di RSUD Tgk Abdullah Syafi’i

0:00

 

Sigli -satupenatv.com

Penjabat (Pj) Bupati Pidie Drs Samsul Azhar Didampingi Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pidie dr Muhammad Dwi Wijaya Sp.B, menyambangi sejumlah siswa MTsN swasta Kecamatan Tiro yang sedang di rawat di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tgk Abdullah Syafi’i Beureunun.

Kunjungan orang nomor satu di Pidie ke RSUD Tgk Abdullah Syafi’i
sekira pukul 11.30 WIB setelah mendapat kabar ada sejumlah siswa dirawat akibat mengalami keracunan.

Baca juga  Pendamping Desa Dan Pendamping Lokal Desa Mengikuti Penyuluhan Hukum.

keracunan tersebut terjadi pada hari ini  Rabu, Pukul 08.00 Wib tanggal 24/07/2024 telah terjadi keracunan massal siswa-i di Sekolah MTsN Tiro Kabupaten Pidie akibat mengonsumsi Nasi Gurih di lingkungan kantin sekolah.

Jumlah korban keracunan 28 Orang, 20 Laki-Laki dan 8 perempuan dengan rentang umur 12-13 tahun. penanganan kegawatdaruratan dilakukan di Puskesmas dan RSUD TAS, 2 anak dengan gelaja Vomitus (Muntah) dan Dehidrasi Sedang, 26 anak dengan Gejala Vomitus dan dehidrasi ringan.
Tindakan yang dilakukan yaitu 19 orang anak dilakukan observasi selama 6 jam di RSUD dan 7 anak di rawat, Sample yang dikumpulkan oleh tim surveilans dan dikirim ke Labkesda Banda Aceh.

Baca juga  Brimob Aceh Padamkan Kebakaran Lahan Masyarakat Di Kabupaten Bener Meriah

Dinas Kesehatan menurunkan 2 Tim Surveilans ke 2 titik lokasi di MTsN Tiro dan UGD RSUD TAS untuk pemetaan masalah dan pengumpulan sampel sumber kasus keracunan, sampel yang diambil yaitu sampel makanan dan minuman yang dikonsumsi serta muntahan siswa MTsN.

Baca juga  Istri Pj.Bupati, Dr. Nova Dian Lestari Mengunjungi Posyandu Permata Hati.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Pidie menyampaikan keprihatinan atas musibah yang dialami siswa MTsN di Kecamatan Tiro.

“Kami turut perihatin atas musibah yang menimpa sejumlah siswa MTsN Kecamatan Tiro,” ucapnya.

kejadian ini juga telah dilakukan koordinasi dengan Pihak Puskesmas, Kepala Sekolah MTsN, Direktur RSUD TAS, Kasatres Polres dan kasatintelkam Polres Pidie Serta Lintas Sektor Terkait.(**)

ketuk play untuk melihat tayangan DMTV MalangKETUK PLY UNTUK MELIHAT SIARAN SAMPIT TV