ketuk play untuk melihat tayangan DMTV Malang
ACEH  

Sempat Lumpuh Total Akibat Tanah Longsor, Kini Jalan Uning-Pamar Sudah Dapat Dilalui Kembali

Takengon-SatupenaTv.com.

Akibat cuaca Extrim dan tingginya curah hujan dalam beberapa hari ini di wilayah Kabupaten Aceh Tengah, mengakibatkan Jalan yg menghubungkan Kecamatan Silih Nara dan Rusip Antra di ruas jalan Uning-Pamar sering terjadi bencana Alam tanah Longsor.

Kapolsek Silih Nara Iptu Ismail Muda Daulay, menyampaikan, Bencana Alam tanah longsor kembali terjadi diwilayah Kampung Lut Jaya Kecamatan Rusip Antara di ruas jalan Uning-Pamar, ada 4 titik lokasi longsor, dimana 3 titik badan jalan amblas dan hampir putus serta 3 rumah warga setempat rusak akibat diterjang material longsor yang bercampur batu dan pohon kayu. pada Selasa (14/11/23) pagi pukul 07.00 Wib.

Setelah mendapat informasi bencana longsor tersebut, Personel Subsektor Rusip Antara mendatangi lokasi melakukan tindakan awal yang di perlukan di lokasi bencana.

Kata Kapolsek, Akibat bencana lonsor tersebut tidak dapat dilalui kendaraan R2 maupun R4, karena badan jalan tertutup material tangah longsor masing-masing sepanjang 8 Meter dengan ketebalan 2-3 meter material tanah campur batu dan pohon kayu.

“Kami sudah berkoridnasi dengan Pihak PT Brantas Abib Raya, juga BPBD Aceh Tengah guna mendatangkan alat berat untuk, Guna membersihkan dan evakuasi material longsor dari badan Jalan” katanya.

Lanjutnya, Pada hari Rabu (15/11/23) siang sekitar pukul 13.00 Wib, 1 unit alat berat jenis Exsavator Milik PT .Berantas Abib Raya/pelita, tiba kelokasi melakukan pembersihan material longsor yang menutupi badan jalan.

“Personel Polsek Silih Nara serta Subsektor Rusip Antara bersama sama warga membantu melakukan pembersihan material dengan alat seadanya seperti cangkul dan sekop, membantu evakuasi warga yg melintas dan mengatur arus lalulintas” pungkasnya.

Pengerjaan pembersihan material longsor dilakukan hingga malam hari Rabu (15/11/23) sekira pukul 20.00 Wib, Kini jalan sudah dapat dilalalui kendaraan R2 dan R4″ pungkas Kapolsek.

Tambah Kapolsek, Kami juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar selalu berhati hari karena jalan masih licin serta cuaca curah hujan yang masih tinggi ditambah dengan situasi sepanjang jalan perbukitan dan tekstur tanah yg rentan sewaktu waktu dapat mengakibatkan bencana longsor” Pungkas Kapolsek Iptu IM.Daulay dalam rilisnya. Kamis (16/11/23).

KETUK PLY UNTUK MELIHAT SIARAN SAMPIT TV