ketuk play untuk melihat tayangan DMTV Malang

Polres Bener Meriah Gelar Simulasi Pengamanan TPS

Bener Meriah-SATUPENATV.COM Polres Bener Meriah gelar simulasi pengamanan pemungutan serta penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Kegiatan ini dilaksanakan di lapangan Mako Polres Bener Meriah, jalan Pante Raya, pada Rabu (7/2/2024). Simulasi tersebut bertujuan untuk memastikan kesiapan personel dalam mengamankan TPS.

Dalam kegiatan simulasi ini, hadir sejumlah pejabat utama Polres Bener Meriah, antara lain Kapolres AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K, Wakapolres Kompol Fauzi, SE , SIK dan Kapolsek se Bener Meriah.

Peserta simulasi terdiri dari personel pengamanan TPS Polres Bener Meriah, petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) panitia pemungutan suara (PPS) yang diperankan oleh anggota Polres. Sebelum simulasi kegiatan diawali dengan apel pengecekan kesiapan personel.

Simulasi ini dirancang untuk menggambarkan realitas sesungguhnya tentang pemungutan suara di TPS pada tanggal 14 Februari nanti. Dengan demikian, diharapkan para personel Polres dapat memiliki gambaran yang jelas dan dapat mengantisipasi berbagai kendala yang mungkin terjadi selama proses pengamanan TPS.

Rangkaian simulasi meliputi persiapan dan pelaksanaan pemungutan suara, penanganan konflik yang mungkin muncul saat pemungutan suara, persiapan penghitungan suara, serta penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap). Seluruh proses tersebut diperagakan dalam simulasi ini.

Baca juga  Inilah Visi Misi DURATUN NASIHIN Caleg PNA Dapil II Dambaan Rakyat

“Tujuan dari simulasi ini adalah agar personel Polres Bener Meriah benar-benar memahami dan siap bertindak dengan tepat saat menjalankan tugas pengamanan di TPS,” ungkap Kapolres, AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K.

Dalam simulasi ini, berbagai skenario yang mungkin terjadi selama pemungutan suara dipertunjukkan oleh para peserta. Mereka dituntut untuk mengambil keputusan yang tepat dan mengatasi berbagai situasi yang terjadi di TPS dengan sigap.

“Melalui simulasi ini, kami berharap para personel dapat memiliki pengalaman nyata dalam menghadapi berbagai momen penting selama pemungutan suara di TPS. Dengan demikian, mereka akan semakin siap dan mampu memberikan pengamanan yang optimal,” ujar Kapolres.

“Dalam melaksanakan tugas pengamanan TPS, kita harus selalu mengedepankan netralitas, profesionalitas, dan bertindak sesuai dengan aturan SOP yang berlaku. Kita memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga keamanan dan kelancaran pelaksanaan pemilu,” tandas Kapolres.

Baca juga  Memperingati Hari Jadi Polres Bener Meriah ke -19 Kapolres Bener Meriah Menggelar Turnamen Futsal

Pada kesempatan yang sama, Ketua KIP Bener Meriah Khairul Akhyar yang didampingi Komisioner bidang SDM Juhprianda, turut hadir membantu memberikan materi saat simulasi.

Dikatakan Khairul,  ini sebagai bentuk dukungan Polri untuk pengamanan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024, sesuai tugas kepolisian dalam UU Pemilu.

“Dalam UU Pemilu di antaranya tugas kepolisian disebutkan, memberikan pengamanan pada setiap kegiatan tahapan pemilu sampai tingkat TPS, sehingga nanti pemetaan data berapa personil KPU dijajarannya sampai tingkat KPPS dan TPS, juga berapa jumlah TPS kita bersinergi memperbarui data tersebut, sehingga nanti pasukan kepolisian yang akan digelar bisa disiapkan sejak awal,” ujarnya.
Tak hanya pengamanan saat hari pemungutan suara, Khairul menyampaikan saat distribusi logistik, KIP harus bersinergi dengan Polri untuk memetakan bersama daerah yang mungkin terluar dan tersulit untuk dijangkau.

“Pola pengamanan TPS akan dibagi menjadi tiga kategori, yaitu TPS kurang rawan, TPS Rawan, dan TPS sangat rawan”.

Baca juga  Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Kepada Allah, Polres Bener Meriah Gelar Bimbingan Rohani dan Mental

fungsi dan tugas Polri di dalam Undang-Undang Pemilu. UU Pemilu mengamanatkan, Polri untuk mengamankan penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.
”Dalam UU Pemilu amanat untuk pengamanan adalah wewenang polisi,” jelas khairul.
Dan menambah kan,bahwa pengamanan pemilu bukan hanya dilakukan saat hari pemungutan suara, melainkan cukup panjang termasuk sejak distribusi dan pencetakan surat suara.

KETUK PLY UNTUK MELIHAT SIARAN SAMPIT TV