ketuk play untuk melihat tayangan DMTV Malang

Ketum SPBI Bicara Arah Politik Indonesia Pasca Pemilu 2024

Jakarta-SATUPENATV.COM Ketua Umum Solidaritas Pemersatu Bangsa Indonesia (SPBI) Dr. Iswadi, M.Pd mengatakan Pemilu 2024 telah berlalu, dan Indonesia memasuki periode baru dalam arah politiknya.

“Pasca-pemilu, Indonesia menghadapi beragam tantangan dan peluang dalam upaya membangun demokrasi yang lebih kokoh dan mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyatnya,” ujar Dr. Iswadi, M. Pd. kepada wartawan, Kamis 28 Maret 2024.

Menurut Akademisi yang juga Politisi Asal Aceh ini Setelah pemilihan umum yang penuh gairah dan bersemangat, peta politik Indonesia mengalami pergeseran yang signifikan.

Partai-partai politik yang berlaga dalam kontestasi demokrasi ini berjuang memperebutkan suara rakyat dan kursi di parlemen.

Namun, setelah penghitungan suara selesai, hasilnya menghasilkan pemandangan politik yang lebih beragam dan penuh dengan koalisi.

Baca juga  Terkait Dugaan Pelanggaran Penggelembungan Hasil Rekapitulasi Perolehan Suara, T. Rudi IR Caleg dari Partai Golkar melapor ke Bawaslu Kabupaten Aceh Tamiang

Salah satu ciri khas pasca-pemilu 2024 adalah meningkatnya pluralitas politik.

“Tidak seperti pemilu sebelumnya, di mana partai dominan mendominasi pemandangan politik, hasil pemilu kali ini menciptakan suasana di mana kekuatan politik terbagi lebih merata di antara beberapa partai besar dan kecil,” katanya.

“Hal ini mencerminkan semakin matangnya pemahaman politik rakyat Indonesia dan keinginan mereka untuk memilih berdasarkan platform dan program, bukan hanya loyalitas terhadap satu partai,” tambahnya.Alumni Program Doktoral Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta tersebut menyebutkan dalam konteks ini, koalisi menjadi kunci dalam pembentukan pemerintahan.

Baca juga  Ketum SPBI Apresiasi Airlangga Terkait Bergabung nya Indonesia Dengan OECD

Partai yang mendapatkan suara mayoritas tidak lagi bisa secara otomatis membentuk pemerintahan sendiri.

Sebaliknya, mereka harus menjalin aliansi dengan partai lain untuk memperoleh mayoritas di parlemen. Ini menghasilkan negosiasi politik yang intens antara berbagai kepentingan dan ideologi.

Salah satu hasil menarik pasca-pemilu adalah meningkatnya peran partai-partai minoritas dan baru.

Meskipun tidak memiliki dukungan mayoritas, partai-partai ini sering kali menjadi penentu dalam pembentukan koalisi.

“Mereka menggunakan posisi tawar mereka untuk memperjuangkan agenda-agenda khusus dan mempengaruhi kebijakan pemerintah. Hal ini menandai penguatan demokrasi representatif di Indonesia, di mana suara setiap partai dihargai dan diakui,” ucapnya.

Lanjut, di tengah dinamika politik pasca-pemilu, stabilitas politik tetap menjadi fokus utama.

Baca juga  H.Mukhlis, Calon Bupati Bireuen Mengelar Halal Bi Halal Menjalin Tali Silaturahmi .

Meskipun terdapat perbedaan pendapat dan persaingan antarpartai, semua pihak berkomitmen untuk menjaga stabilitas politik dan keamanan nasional.

KETUK PLY UNTUK MELIHAT SIARAN SAMPIT TV