ketuk play untuk melihat tayangan DMTV Malang

BPS Bireuen Mengelar Sosialisasi Pendataan Potensi Desa 2024.

Bireuen-SATUPENATV.COM Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bireuen melaksanakan sosialisasi pendataan Potensi Desa (Podes) 2024 untuk menghimpun berbagai data dan informasi terkait kondisi terkini dan perkembangan desa di Kabupaten Bireuen.

Agenda kegiatan pada hari ini ada ( 2 ) :
-Sosialisasi Pendataan
PODES.
-Pendataan Keuangan
Desa ( K3 ).
Di Opproom Sekdakab
Selasa ( 30/04/2024 ).

Kegiatan ini kami lakukan dalam rangka mewujudkan sistim Statistik Nasional ( SSN )
yang handal, efektif dan efisien serta mewujudkan data PODES dan keuangan desa yang berkualitas.

Sesuai dengan amanat UU. No.16 tahun 1997 tentang statistik dan PP 51 tahun 1999 tentang penyelenggaraan statistik.

Serta melaksanakan amanat Undang – Undang No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.
Khususnya terkait pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan urusan bidang Statistik, bahwa BPS sebagai penyelenggara Statistik dasar akan menyelenggarakan kegiatan survey Statistik keuangan pemerintah desa ( K3 ) 2024 dan pendataan potensi desa 2024 ( PODES 2024 ).

Menurut dia, pendataan Podes bertujuan antara lain untuk menyediakan data tentang keberadaan dan perkembangan potensi yang dimiliki desa/kelurahan yang meliputi, sosial, ekonomi, sarana, dan prasarana wilayah, seperti identifikasi dan penentuan desa tertinggal.

Kemudian, katanya, identifikasi desa rawan bencana, dan identifikasi desa yang mempunyai kesulitan geografis; menyediakan data bagi penghitungan indikator-indikator pembangunan/kemajuan desa.

” Pertemuan tersebut akan menanyakan mulai dari jumlah sekolah, fasilitas kesehatan, hingga sarana dan prasarana ekonomi yang tersedia di desa/kelurahan. Pendataan ini akan dilaksanakan pada 2-31 Mei 2024,” kata dia.

menambahkan sebelum petugas turun ke lapangan pada Mei nanti, perlu dilakukan pelatihan petugas terlebih dahulu.

“Saat ini telah dilakukan pelatihan bagi petugas pendataan Podes 2024,” ucap dia.

Dia mengatakan, dalam pelatihan tersebut diikuti sebanyak 28 orang petugas lapangan yang akan melakukan pendataan. Pelatihan dimaksudkan untuk membekali petugas lapangan dengan pengetahuan tentang konsep Podes dan keterampilan wawancara agar mampu mengumpulkan data yang berkualitas.

“Hal ini penting mengingat data hasil Podes nantinya akan dimanfaatkan oleh banyak stakeholder terutama pemerintah daerah untuk perencanaan program, pembuatan kebijakan dan evaluasi pembangunan,” katanya.

Namun demikian, kata dia lagi, data yang berkualitas tidak serta merta bisa terwujud tanpa peran serta semua pihak.

“BPS sebagai penyelenggara kegiatan dapat bekerja optimal dengan dukungan semua pihak, mulai dari kepala daerah sampai kepala desa dan aparat desa yang menjadi responden utama kegiatan pendataan Podes,” ucapnya.

Menteri Dalam Negeri sudah menerbitkan Surat Edaran No. 100.3.5.9/1317/sj dan memberikan imbauan agar mendukung pelaksanaan Pendataan Podes ini.

Pendataan Keuangan Desa ( K3 ).
Hasil pendataan survey Statistik keuangan pemerintah desa ( K3 ) di gunakan pemerintah pusat dan daerah sebagai salah satu komponen utama dalam penyusunan PDB dan PDRB.

Kegiatan ini setiap tahun dilaksanakan tapi berupa sampel, untuk Kabupaten Bireuen tahun 2024 ada 51 Gampong yang tersebar di 17 kecamatan .
Kegiatan survey di laksanakan mulai :
1 Maret s/d 1 Juli 2024 melalui kegiatan admin sistem keuangan desa
( SISKEUDES ).

“Mari kita semua sukseskan pendataan Potensi Desa (Podes) dan pendataan Keuangan 2024,” kata Teti Darmawati SE

Kegiatan Sosialisasi Pendataan Potensi Desa 2024, di hadiri Kepala BPS Propinsi Aceh, Diwakili oleh Bapak ABD.Hakim, SST, M.Si, Bapak asisten 2, Bapak/Ibu Kepala Dinas Instansi Dalam Kabupaten Bireuen, Para Camat Sekabupaten Bireuen, Para Nara Sumber lainnya, Kepala BPMGPKB, ir.Mukhtar, M.Si, Ibu Rahmati, S.Si Perwakilan Dandim 0111 Bireuen, Wartawan beserta undangan lainnya.

Pantauan Wartawan, Kegiatan Sosialisasi Pendataan Potensi Desa ( PODES ) 2024 Dan Pendataan Keuangan Desa ( K3 ) Berjalan Lancar Dan Sukses.

HENDRI

KETUK PLY UNTUK MELIHAT SIARAN SAMPIT TV