KIP : Targetkan Realisasi Coklit Pilkada Aceh Tamiang Sekarang Capai 98 Persen

0:00

Straight News

Aceh Tamiang – satupenatv.com: Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tamiang menyatakan realisasi pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) 2024 di daerah Aceh Tamiang telah mencapai 98 persen dari total daftar potensial pemilih pemilihan (DP4) sebanyak 202.271 orang.

“Hari ini kita targetkan coklit capai 98 persen. Alhamdulillah hingga hari ke- 19 realisasi Coklit di Aceh Tamiang yang dilakukan seluruh petugas yang tersebar di seluruh kecamatan telah mencapai 96.5 persen,” kata Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Lindawati kepada wartawan, Minggu (14/7/2024).

Lindawati yang akrab di sapa Umi Linda menjelaskan bahwa pelaksanaan Coklit dilakukan mulai tanggal 24 Juni hingga 24 Juli mendatang.

Baca juga  Masuk Masa Tenang, Bawaslu Kota Langsa Imbau Peserta Pemilu Tak Kampanye Lagi

“Targetnya hari Selasa (16/7/2024) capai 100 persen. Jadi dengan rentang waktu yang tersiksa nanti akan dilakukan perbaikan secara keseluruhan,” urainya.

Kemudian Umi Linda menjelaskan dalam masa Coklit tersebut para petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih (Coklit) yang tersebar di seluruh kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tamiang.

Kemudian mencoret data pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) dan memasukkan pemilih baru yang belum terdaftar di dalam daftar pemilih pemilihan kepala daerah gubernur dan wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati 2024.

Baca juga  Ratusan Personel Diterjunkan, Polrestabes Surabaya Jamin Keamanan Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Kota

Pilkada di Aceh Tamiang digelar serentak dengan pemilihan kepala daerah, baik pemilihan gubernur dan wakil gubernur maupun wali kota dan wakil wali kota pada 27 November 2024.

Ia menyebutkan untuk melakukan Coklit Komisi Independen Pemilihan Aceh Tamiang mengerahkan sebanyak 819 petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) yang tersebar di 216 kampung yang ada di 12 kecamatan.

Pihaknya berharap kepada seluruh masyarakat untuk dapat menerima kedatangan petugas Pantarlih dan menyiapkan identitas kependudukan agar data pemilih untuk Pilkada 2024 dapat tersusun dengan tepat dan benar.

Baca juga  Hadiri Paripurna Hari Jadi Aceh Tamiang, Pj. Bupati Asra Paparkan Prestasi Bumi Muda Sedia

“Kami sangat berharap dukungan penuh dari masyarakat dalam tahapan pelaksanaan pencocokan dan penelitian data pemilih (Coklit) yang dilakukan oleh petugas di lapangan,” katanya mengakhiri.

(FAHKRUL RAZI)

ketuk play untuk melihat tayangan DMTV MalangKETUK PLY UNTUK MELIHAT SIARAN SAMPIT TV