Wapres Resmi Membuka Naker Fest 2024 di JIExpo Kemayoran

0:00

Jakarta,SatupenaTv.com: Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin, secara resmi membuka Festival Ketenagakerjaan (Naker Fest 2024) yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, pada Jumat, 23 Agustus 2024. Acara yang digelar hingga 25 Agustus ini menjadi ajang Job Fair Nasional yang ditunggu-tunggu oleh para pencari kerja di Indonesia.

Dalam sambutannya, Wapres Ma’ruf Amin menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya atas terselenggaranya acara ini. Ia menekankan pentingnya acara seperti Naker Fest dalam menghadapi tantangan dunia ketenagakerjaan, baik dari faktor internal maupun eksternal. Salah satu tantangan besar yang dihadapi adalah digitalisasi yang tidak hanya mengubah cara bekerja, tetapi juga menciptakan berbagai jenis pekerjaan baru.

Baca juga  Evaluasi Pj. Bupati Bener Meriah Triwulan Ke-III Berjalan Lancar

Wapres menyoroti pentingnya teknologi dan pendidikan dalam mengembangkan pasar kerja yang semakin kompetitif. Ia menggarisbawahi bahwa Undang-Undang Cipta Kerja telah memberikan kemudahan dalam proses perizinan dan investasi, yang pada akhirnya diharapkan mampu membuka lebih banyak peluang bisnis baru dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ma’ruf Amin juga menekankan perlunya peningkatan pelatihan vokasi dan pengembangan Balai Latihan Kerja (BLK) komunitas untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja. Selain itu, ia mengungkapkan pentingnya memperbaiki mekanisme penentuan upah minimum yang adil bagi pekerja dan pengusaha, serta memastikan pasar kerja yang lebih terintegrasi.

Wapres menutup sambutannya dengan menyampaikan beberapa pesan penting. Pertama, ia mengajak semua pihak untuk mengembangkan dan menyempurnakan sistem informasi pasar kerja yang ada, sehingga dapat mengarahkan dunia pendidikan dan pelatihan untuk mencetak talenta yang sesuai dengan kebutuhan industri. Kedua, ia menggarisbawahi pentingnya menjaga komitmen terhadap reformasi pasar tenaga kerja dengan mempromosikan investasi dan menciptakan lapangan kerja di Indonesia. Terakhir, Wapres menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, perusahaan, dan pekerja dalam menciptakan ekosistem ketenagakerjaan yang produktif.

Baca juga  Perebutkan 1.563 Formasi, Calon PPPK Kemenkumham Jalani Seleksi Kompetensi

Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Wapres Ma’ruf Amin secara resmi membuka Naker Fest 2024, seraya berharap acara ini dapat menjadi wadah komunikasi interaktif antara pemerintah dan masyarakat, khususnya angkatan kerja muda, serta menjadi daya tarik bagi para calon investor untuk berinvestasi di Indonesia.

Baca juga  Rutan Cipinang Saksikan Peresmian Politeknik Pengayoman Indonesia Secara Virtual

Laporan :Gus

ketuk play untuk melihat tayangan DMTV MalangKETUK PLY UNTUK MELIHAT SIARAN SAMPIT TV