ACEH, Pidie  

Pemkab Pidie Hadiri Hari Besar Islam Dan Hari Jadi Pidie Ke-513

0:00

Sigli,satupenatv.com

Pj Bupati Pidie yang diwakili oleh Asisten II Ir. H. Tarmizi dalam Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Jadi Pidie Ke-513 yang dilaksanakan di Halaman Mesjid Al-Falah Kota Sigli, Rabu (18/09/2024).

Dalam kegiatan tersebut turut di selenggarakan Santunan anak yatim
dengan 1000 anak yatim, yang mana anak yatim mendapatkan 1 Juta perorang dari Baitul Mal. dan Penceramah pada Maulid Nabi hari ini Yaitu Ust. Ir. Faizal Adriansyah, M. Si.

Pada Kesempatan ini Ir. H. Tarmizi Mewakili sambutan Pj Bupati Pidie menyampaikan bahwa Memperingati Maulid Nabi hari ini bukan karena kebetulan akan tetapi sengaja disandingkan karena disebabkan bertepatan dengan hari bersejarah bagi Kabupaten Pidie karena pada tanggal tersebutlah lahirnya Pidie 513 tahun yang lalu yaitu 18 September 1511 Masehi.

Baca juga  Safari Ramadhan di Simpang Teritit, Pj Bupati Bener Meriah hadirkan Al-Qur’an terjemahan bahasa Gayo.

“Penetapan Hari Jadi Pidie berdasarkan berbagai kajian – kajian ilmiah, dengan banyak literasi, munuskrip – munuskrip dan arkeologi peninggalan sejarah kerajaan Pedir Islami masa Sultan Ma’ruf Syah (Sultan Pedir) bermakam di Gampong Dayah Tanoh Klibeut, sehingga dapat dipertanggung jawabkan secara akademis.” Sambungnya.

“Maka dengan 2 (dua) peristiwa besar ini akan menjadikan tonggak sejarah baru bagi Kabupaten Pidie untuk lebih dewasa dalam menyikapi dan menjalani berbagai agenda besar terutama Pilkada agar berjalan, aman, damai dan sejahtera dengan Peringatan Maulid Rasul dan Hari Jadi Pidie mari kita implementasikan sikap keteladanan Rasulullah SAW dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat sesuai dengan Resam Peumulia Jamee Adat kita Pidie.” Ujar Tarmizi.

Baca juga  Pemko Langsa Gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSREMBANG) Tahun 2025.

Drh. Fazli M. Si Menyampaikan bahwa Hari ini sangat Istimewa yang mana hari ini kita menyambut hari Jadi Pidie yaitu Kemilau Pidie sekaligus Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Yang mana hari jadi pidie ini akan di adakan di PCC pada Tanggal 21-23 September 2024 dengan berbagai agenda yaitu Pawai Kemudian Bazar UMKM dan Seni Budaya khas Kabupaten Pidie.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada SKPK, Forkopimda, BUMN, BUMN, Camat yang telah menyumbang berupa makanan pada Maulid Nabi hari ini, Semoga Allah Membalas kebaikan kelak.

Turut Hadir Kepala Kejaksaan Negeri Pidie Suhendra, SH. Kapolres Kabupaten Pidie AKBP Jaka Mulyana, S.I.K., M.I.K. Unsur Forkompimda Kabupaten Pidie,

Baca juga  51 Anggota Panwaslih Kecamatan Se Kabupaten bireuen Dilantik

Para Staf Ahli Bupati Pidie, Para Asisten Setdakab. Pidie, Para Kepala SKPK, Kepala Bagian, dan Camat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pidie.(**)

ketuk play untuk melihat tayangan DMTV MalangKETUK PLY UNTUK MELIHAT SIARAN SAMPIT TV