ACEH, Pidie  

Patroli Keliling Gampong, Babinsa Edukasi Keamanan Cegah Konflik di Masyarakat Jelang Pilkada

0:00

 

Pidie – Dalam rangka menjaga stabilitas keamanan menjelang Pilkada Serentak 2024, anggota Koramil 04/Pidie yang dipimpin oleh Peltu M. Amir, melaksanakan patroli rutin di wilayah teritorialnya. Pidie Selasa 08/10/2024.

Patroli ini bertujuan untuk memantau situasi serta menyampaikan pesan-pesan keamanan kepada masyarakat sebagai langkah preventif dalam menciptakan suasana kondusif.

Peltu M. Amir menjelaskan bahwa patroli ini merupakan bentuk komitmen TNI dan Polri untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat selama tahapan Pilkada berlangsung.

Baca juga  Pj. Bupati Bener Meriah, ajak jajaran pahami Metode Kalibrasi Al-Qur'an

“Kami ingin memastikan bahwa masyarakat bisa menjalani aktivitas sehari-hari tanpa rasa khawatir, serta meminimalisir potensi gangguan keamanan yang bisa memicu ketidakstabilan,” ungkap Peltu Amir.

Selain patroli, anggota Koramil 04/Pidie juga secara aktif berinteraksi dengan warga melalui kegiatan komunikasi sosial (Komsos). Mereka memberikan edukasi terkait pentingnya menjaga persatuan dan tidak mudah terprovokasi oleh informasi yang tidak benar atau hoaks, yang kerap muncul menjelang pemilu.

Di tempat terpisah, Kasdim 0102/Pidie, Mayor Czi Amin Eko Tohari, menekankan pentingnya peran Babinsa dalam menjaga stabilitas wilayah. Menurutnya, Babinsa adalah garda terdepan yang berinteraksi langsung dengan masyarakat. Melalui komunikasi yang efektif dan kegiatan positif lainnya, Babinsa dapat mendorong masyarakat untuk aktif menjaga keamanan lingkungan mereka.

Baca juga  Keluarga Besar Kementerian Agama Bireuen Menyatuni Puluhan Anak Yatim Piatu.

“Babinsa juga memberikan edukasi pentingnya menjaga keamanan kepada masyarakat agar tidak mudah terpancing oleh isu-isu yang dapat memecah belah, serta mengajak warga untuk selalu berkoordinasi dengan aparat keamanan jika menemukan potensi gangguan di wilayah,” ujar Kasdim 0102/Pidie.

Baca juga  Duet Umara - Ulama Antara Bustami Hamzah- Tu Sop. Tuai Banyak Dukungan

Dengan pendekatan yang lebih persuasif dan dekat dengan masyarakat, diharapkan Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Pidie bisa berjalan dengan aman dan damai. Kasdim juga menegaskan bahwa TNI akan terus menjaga netralitasnya dalam setiap tahapan Pilkada, sekaligus memastikan keamanan tetap terjaga di setiap lini.

Upaya ini merupakan wujud sinergi TNI dengan masyarakat dalam mewujudkan demokrasi yang sehat dan menjaga ketertiban umum selama pesta demokrasi berlangsung.(**)

ketuk play untuk melihat tayangan DMTV MalangKETUK PLY UNTUK MELIHAT SIARAN SAMPIT TV