ketuk play untuk melihat tayangan DMTV Malang

MTQ ke I Kemenag Aceh Tamiang Dibuka oleh Kadis Syariat Islam Mewakil Pj Bupati

0:00

Aceh Tamiang – SATUPENATV.COM:

Kementerian Agama (Kemenag) Aceh Tamiang gelar MTQ ke-1 Tahun 2024 guna uji kompetensi kader Musabaqah masa akan datang, terutama dilingkungan instansi tersebut.

Kegiatan keagamaan itu dengan tema “Dengan Semangat Ramadhan Berkompetisi, Raih Prestasi Bumikan Pendidikan Agama Islam”, di aula Al Ikhwan Kantor Kemenag.

Pj. Bupati Aceh Tamiang, Drs. Asra diwakili Kepala Dinas Syariat Islam (SI), Samsul Rizal, S. Ag mengatakan Pemkab sangat mengapresiasi kegiatan menjadi salah satu wahana tumbuhkembangkan semangat dengan membumikan, menghayati dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an.

“MTQ ini merupakan momentum untuk tingkatkan pengetahuan, pemahaman, dan pengamalan isi kandungan Al-Qur’an,” kata Samsul Rizal, S. Ag.

Sambungnya, “Terutama menjadikan salah satu alat penangkal dampak negatif berbagai kemajuan yang tidak sesuai dengan isi kandungan Al-Qur’an dan sebagai dasar pijak bagi para remaja,” ujar Kadis SI Aceh Tamiang, Senin (18/03/24).

Baca juga  Pj. Bupati Bener Meriah Menggelar Pertemuan Dengan Tim BPK RI. Perwakilan Aceh.

Menurut Ketua pelaksanaan harian LPTQ Aceh Tamiang, Samsul Rizal menyampaikan, peserta MTQ harus dipersiapkan jauh hari sebelum pelaksanaan dimulai.

“Kita harus kembali merebut juara umum MTQ Provinsi, untuk itu kita harus mencari generasi baru dengan kualitas lebih baik dari generasi sebelumnya,” ucap Samsul Rizal.

Samsul Rizal, Mantan Kabag Kesra Setdakab dan Kadis LHK Aceh Tamiang itu pun menyebutkan, salah satu program Dinas Syariat Islam tahun 2025 adalah program pembinaan qori dan qori’ah. Rizal yakin dengan penuh jika semua pihak bersatu maka generasi Aceh Tamiang akan berhasil.

Baca juga  Pemkab Bener Meriah Raih Penghargaan Bangga kencana 2024.

Di kesempatan sama, Kepala Kantor Kemenag Aceh Tamiang, Anwar Fadli, dalam laporannya menyebutkan MTQ ini berawal dari kegundahan akan peserta MTQ yang nyaris didominasi oleh peserta sekolah reguler.

“Kami ingin melihat, apakah pelajaran agama Islam di Madrasah membuahkan hasil. Ini menjadi titik awal untuk melihat prestasi anak-anak di bidang Al Qur’an, dengan harapan pada MTQ berikutnya akan mendominasi cabang-cabang yang diperlombakan”, ujar Fadli.

Dijelaskan Anwar Fadli, MTQ Kemenag yang pertama ini akan berlangsung sejak 18-27 Maret 2024. Adapun jenis perlombaan diperlombakan berupa Tilawatil Qur’an untuk MI, MTs, MA; Syarhil Qur’an untuk MA; Tahfidz Qur’an untuk RA, MI, MTs dan MA; Rangking I untuk MI dan MTs, dan Bercerita Kisah Para Nabi untuk tingkat RA.

Baca juga  Wali Nanggroe Aceh Kunjungi Kabupaten Aceh Tengah

Berdasarkan informasi panitia, peserta perlombaan dalam MTQ Kemenag Aceh Tamiang ke I tersebut telah mendaftar sebanyak 286 orang.

Acara tersebut juga dihadiri para Kepala KUA, Perwakilan BUMN/BUMD, para orang tua murid, pembimbang dan Pengawas.

(FAHKRUL RAZI)

KETUK PLY UNTUK MELIHAT SIARAN SAMPIT TV