ketuk play untuk melihat tayangan DMTV Malang

Pengkab Bireuen Peringati Tahun Baru Islam

0:00

Bireuen-SATUPENATV.COM Pemkab Bireuen melalui Dinas Syariat Islam (DSI) Bireuen memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 Hijriah/2024 Masehi.

Kegiatan memperingati Tahun Baru Islam 1446 ini penceramah dari Palembang ,Ustadz Tgk. Ir.H.Tarmizi M.Thayeb, MBA ( wakil ketua DKM Masjid Baiturrahman Palembang yang juga pendakwah Da’i Kota Palembang ,Sumatrs Selatan yang diperingati di Masjid Sultan Jeumpa, Senin, 8 /07/2024

Kegiatan ini dengan tema ” Memaknai Tahun Baru Islam sebagai mementum perubahan dalam kehidupan Bersyariat Islam Dikabupaten Bireuen.

Dalam kegiatan ini dibuka oleh Penjabat ( Pj )Bupati Bireuen Aulia Sofyan, Ph.D dalam hal ini diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Bireuen, Ir, Ibrahim Ahmad ,M.Si.

Sekda Bireuen dalam sambutannya , membacakan pidato tertulis Pj Bupati Bireuen Aulia Sofyan. Dikatakannya Hijrah merupakan satu hal yang sangat fundamental bagi ummat muslim sedunia, karena hitjrah ini merupakan awal penanggalan Islam yang disebut tahun hijriyah dan merupakan kilas balik perjuagan Rasulullah dalam menghadapi Kafir Quraisy dan mengajak masyarakat Bireuen untuk mengambil pelajaran dari keteladanan yang diberikan Rasulullah SWT pada peristiwa hijrah .

Baca juga  Diduga Motip Kepentingan Politik Angka kekerasan Di Aceh Timur Meningkat

Pada tataran individual Rasullullah menjadikan Hitjrah sebagai sarana untuk menegakkan aqidah nafsiah yaitu aqidah yang baik dan terpuji didalam diri setiap insan, sedangkan dalam tataran komunal, hijrah merupakan momentum membangun kebersamaan dan persaudaraan demi menegakkan islam sebagai agama yang Rahmatan Lil Alamin

“Selamat menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriyah, semoga tahun baru membawa kesuksesan dan kemakmuran bagi kita semua dan senantiasa memberi keselamatan, kebahagiaan, kemajuan dan perlindungan dari Allah SWT,” ucap Pj Bupati Bireuen melalui Sekda Bireuen ini.

Kepala DSI Bireuen Dr.H, Jufliwan, S.H., M.M dalam laporannya mengatakan, setiap tanggal 1 Muharram, umat muslim seluruh dunia memperingatinya sebagai Tahun Baru Islam.

Peringatan ini juga dapat dijadikan momentum bagi umat muslim untuk bermuhasabah diri dan berhijrah menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca juga  Polres Bener Meriah Gelar Jumat Curhat Bersama Warga.

Disebutkan, penetapan kalender hijriah ditetapkan pada masa khalifah Rasyidin kedua yakni Umar Bin Khatab.

Setelah berdiskusi dengan sahabat lainnya, akhirnya ditetapkan bahwa bulan muharram menjadi bulan pertama hijriah ditandai dengan peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah menuju Madinah pada tahun 622 silam.
nya Peringatan itulah yang kita peringati pada hari ini dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT melalui pembelajaran ilmu atau amal ibadah.

Kemudian, dengan berkumpul seperti ini, kita dapat mempererat tali silaturrahmi antar ummat muslim tanpa melihat pangkat, jabatan dan golongan.

Dan pentingnya menerapkan akhlak mulia dalam kehidupan yang bersumber dari Al-Quran.

Hijrah dari suka minum minuman keras ke arah meninggalkan minum alkohol, hijrah dari suka main judi kearah meninggalkan judi, hijrah dari suka menggunakan narkoba ke arah meninggalkan narkoba.

Baca juga  Panitia Seleksi (Pansel ) KIP Bener Meriah Laksanakan Wawancara 25 Calon Anggota KIP

“Intinya meninggalkan kebiasaan melanggar larangan-nya menjadi taat melaksanakan perintah Allah SWT,” jelas Kepala DSI Bireuen ini.

Turut hadir Sekertaris Daerah Kabupaten Bireuen , para Staf Ahli Bupati Bireuen. Sekretaris DPRK Bireuen ,para Kepala Dinas/Badan dan Kantor Kabupaten Bireuen ,Para Kepala Sekretariat Lembaga Keistimewaan Aceh ,Para Kepala Bagian di lingkungan Setdakab Bireuen,para Camat dalam Kabupaten Bireuen ,Kepala Intansi vertikal/BUMN/BUMD dan perbankan ( Neng Juli)

KETUK PLY UNTUK MELIHAT SIARAN SAMPIT TV