ketuk play untuk melihat tayangan DMTV Malang

Festival Burung Berkicau Salah Satu Kegiatan HUT Kabupaten Bener Meriah Ke-20

Bener Meria-SATUPENATV.COM

Ratusan pecinta burung kicau dari berbagai Kabupaten kota di Provinsi Aceh ikut memeriahkan Hari Ulang Tahun ( HUT ) Kabupaten Bener Meriah ke-20 dalam ajang festival lomba burung kicau yang berlangsung di halaman Kator Dinas Pariwisata Kabupaten Bener Meriah pada Minggu 10 Desember 2023.

Berdasarkan amatan media 1 pena di lokasi, tampak ratusan peserta pecinta burung berkicau juga begitu antusias dalam mengikuti perlombaan tersebut, hal itu dibuktikan dengan hadirnya peserta lomba burung kicau dari berbagai Kabupaten Kota,seperti perwakilan pecinta burung kicau Kota Langsa, Aceh Barat, Aceh Tengah, Aceh Utara, Lhokseumawe dan Kabupaten Bener Meriah selaku tuan rumah.

Radinal. Ketua panitia pelaksanaan lomba burung berkicau kepada media 1pena mengatakan, kegiatan kicau mania ini merupakan salah satu rangkain HUT Kabupaten Bener Meriah yang ke-20, selain itu pihaknya juga menyebut, kiau mania ini merupakan langah awal dalam mensosialisasikan upaya  pelestarian satwa liar khususnya burung di kawasan hutan dan perkebunan kopi.

Baca juga  Hadiri BKMT Tingkat Kecamatan Bukit, Pj. Bupati Haili Yoga Ajak Masyarakat Gemar Baca Al-qur'an dan Menyantuni Anak Yatim.

 

“ Kicau mania ini kita laksanakan selain memeriahkan HUT Bener Meriah, juga bertujuan  untuk upaya perlindungan satwa liar khususnya burung. Dimana nantinya diharapkan  Pemerintah Kabupaten Bener Meriah agar membuatkan qanun terkait perburuan burung terutama di kawasan perkebunan kopi” ucap pria yang akrap disapa bang Enal itu.

Mengingat, sambung Enal, saat ini para petani kopi merasa resah dikarenakan banyaknya hama yang menyerang tanaman kopi dan penyebabnya akibat sudah langkanya burung yang biasa memakan hama kopi sudah punah, jelasnya.

Selain itu pihaknya juga berharap agar Pemerintah Bener Meriah dapat memberikan pembinaan terhadap para penangkar burung yang ada di Bener Meriah, sehingga nantinya diharapkan dapat menjaga pelestarian burung agar keberadaan burung dapat kembali berkembang.

“ Harapan kami ke depan khusus untuk para pecinta burung dan juga para penangkar agar tetap dapat terus semangat dalam merawat dan mengembang biakan dan menjaga  ekosistem yang ada di linkungan kita bersama” pungkas Enal.

Baca juga  Dua Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Di Amankan Satresnarkoba Bener Meriah

 

Secara terpisah, Drh.Sofyan, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bener Meriah kepada jurnalis 1pena mengatakan, Kegiatan Festival Burung Berkicau merupakan salah satu rangkaian HUT Kabupaten Bener Meriah yang ke 20, dimana dengan dilakukannya lomba kicau mania ini nantinya diharapkan dapat menjadi salah satu upanya  Pemerintah Daerah dalam menjaga dan melestarikan habitat burung khususnya di Kabupaten Bener Meriah.

Selain itu pihaknya juga mengapresiasi kegiatan kicau mania yang berlangsung sukses aman dan tertib, karena menurutnya sesuai rencana hanya 13 kategori yang ikut dalam kontes, namun saat pelaksanaan berlangsung bertambah menjadi 23 kategori, “ itu artinya antusias para pecinta kicau mania sangat lah luar biasa “ ucap Kadis.

Ajang festival kicau burung selain menjalin silahturahmi sesame komunitas pecinta burung kicau juga merupakan salah satu langkah awal pengenalan daerah kita dan pelestarian satwa jenis burung yang ada di Kabupaten Bener Meriah, sambungnya.

Baca juga  Kejari Bener Meriah Masih Mendalami Penyelidikan Kasus Bansos Tahun 2022 di BM

Selain itu Sofyan juga berjanji akan membahas terkait pembuatan Qanun perburuan burung bersama dinas dinas terkait dan pembinaan terhadap pelaku penangkaran yang ada di Bener Meriah untuk disampaikan kepada Bupati Bener Meriah,  guna kelangsungan satwa yang dilindungi dan juga  menjaga ekosistem yang ada. Jelas Kadis Pariwisata.

KETUK PLY UNTUK MELIHAT SIARAN SAMPIT TV