ketuk play untuk melihat tayangan DMTV Malang

Memeriahkan HUT Ke- 20 Kabupaten Bener Meriah Pj. Bupati Drs.Haili Yoga M.Si Membuka Even Pacuan Kuda Tradisional Gayo

Bener Meriah-SATUPENATV.COM Pj. Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si resmi membuka even pacuan kuda tradisional Gayo dalam rangka memeriahkan HUT Ke-20 Kabupaten Bener Meriah Tahun 2023 di Lapangan Pacuan Sengeda, Kecamatan Bukit, Minggu (25-12-2023)

Pj. Bupati Drs Haili Yoga,M.Si mengawali sambutanya menghimbau kepada Dinas Kebersihan untuk nantinya dapat memberikan penilai kepada pedagang yang mempunyai lapak terbersih. ” Nanti pemengnya tolong di berikan penghargaan, karena telah ikut menjalankan himbauan Pemerihtah daerah. Mari kita jaga kebersihan lokasi kegiatan ini berasama-sama,” pintanya.

Selain itu, Pj. Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada pemili kuda yang telah ikut berpartisipasi memeriahkan even pacuan kuda tradisional Gayo dalam memeriahkan HUT Ke-20 Kabupaten Bener Meriah. ” Kalam dan menang itu hal yang lumrah dalam sebuah pertandingan, yang terpenting jaga sportifitas selama bertanding. Kepada joki kuda kami juga harap untuk menjunjung sportifitas,” pesan Haili Yoga.

Disisi lain dirinya juga menyampaikan even pacuan kuda tradisional Gayo dalam rangka memeriahkan HUT Ke-20 Kabupaten Bener Meriah hendaknya dapat meningkatkan pertemuhuban ekonomi masyarakat khusunya para pelaku UMKM di Kabupaten Bener Meriah.

Sebelumnya dr. Sofyan Kadis Pariwisata Kabupaten Bener Meriah selaku ketua panitia Pacuan Kuda Tradisional dalam rangka memeriahkan HUT Ke-20 Kabupaten Bener Meriah menyampaikan, even pacuan kuda tradisional Gayo di ikuti 3 Kabupaten bersaudara yaitu Aceh Tengah, Gayo Lues dan Kabupaten Bener Meriah selaku tuan rumah.

“Tujuan kegiatan pacuan kuda tradisional Gayo untuk meningkatkan kunjungan wisata lokal, nasional, maupun wisatawan dari luar negeri. Selain itu sebagai ajang promosi wisata Bener Meriah. Menumbuh kembangkan ekonomi masyarakat Bener Meriah. Mendorong prestasi olah raga berkuda,” terangnya.

Dia juga menerangkan bahwa pelepasan perdana kuda kelas F Gayo di lakukan langsung oleh Pj. Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si. untuk penyelenggaraan even dilaksanakan selama 7 hari kedepan. Panitia juga akan menggelar kesenian Didong Gayo pada malam puncak penutupan pacuan kuda tradisional Gayo, didong tersebut akan di ikuti oleh Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah,” ujarnya.

Kuda yang ikut serta dalam even pacuan kuda tradisional Gayo dalam rangka memeriahkan HUT Ke-20 Kabupaten Bener Meriah totalnya sebanyak 254 ekor kuda. Kelas yang dilombakan mulaj dari Kelas A hingga Kelas F. “Selain itu, untuk tahun ini, perdana panitia membuka kelas pemula yang di ikuti sebanyak 17 ekor kuda. Untuk rincian kuda yang ikut dalam even ini dari Kabupaten Bener Meriah mengikutkan sebanyak 106 ekor. Aceh Tengah 128, dan Gayo Leus 20 ekor kuda,” tutupnya.

Karena kegiatan even pacuan kuda tradisional Gayo bertepatan dalam pelaksanaan Pemilu dan Pemilukada, dalam kesempatan itu Ketua Bawaslu Kabupaten Bener Meriah Kahirmansyah menyampaikan terkait tahapan pemilu. “Hari ini sudah masuk tahapan kampanye. Kita harap pemilu 2024 berjalan damai dan tertib. Kami himbau aparatur sipil negara TNI Dan Polri untuk menjaga netralitas dalam pelaksanaan pemilu,” pinta Ketua Bawaslu itu.

Sementara itu Kapolres Bener Meriah AKBP. Nanang Indra Bakti dalam kesempatan itu menyampaikan terkait pengamanan dan keamanan dalam penyelenggaraan kegiatan even pacuan kuda tradisional Gayo. Dia menekankan agar seluruh lapisan masyarakat bisa menja keadaan tetap kondusif, aman dan damai, ” Kami dari pihak kepolisan siap memberikan pelayanan kepada masyarakat 1×24 jam,” katanya.

Pembukaan even pacuan kuda tradisional Gayo dalam rangka memeriahkan HUT Ke-20 Kabupaten Bener Meriah di hadiri oleh Unsur Forkopimda- Forkopimda plus Kabupaten Bener Meriah, para pengurus Gabungan Organisasi Wanita, Para petinggi di lingkungan Pemkab Bener Meriah, Ketua Pordasi Bener Meriah bersama jajaran, pimpinan Bank, serta tamu undangan dari Aceh Tengah, Gayo Lues dan Bener Meriah, serta masyarakat.

KETUK PLY UNTUK MELIHAT SIARAN SAMPIT TV