ketuk play untuk melihat tayangan DMTV Malang

Pj. Bupati Aceh Tamiang Inspeksi Pekerjaan Perbaikan Ponton

0:00

Aceh Tamiang: SATUPENATV.COM:

Pj. Bupati Aceh Tamiang Drs. Asra melakukan inspeksi pekerjaan perbaikan ponton di bengkel alat berat Dinas PUPR di Karang Baru pada Kamis (22/2/2024).

“Perbaikan ponton (getek) penyeberangan dari dan ke Tanjung Binjai Kecamatan Bendahara – Kampung Baru Kecamatan Seruway, kita targetkan bisa selesai dalam waktu paling lama satu setengah bulan,” ucap Pj. Bupati.

“Ponton menjadi urat nadi transportasi warga, terutama untuk mengeluarkan hasil produksi pertanian dan perkebunan. Ketiadaan ponton selama beberapa waktu belakangan, menyebabkan masyarakat yang mayoritas petani dan pekebun tersebut mengalami kerugian, menanggung pertambahan biaya angkut hasil panen.

“Harga TBS kelapa sawit rakyat turun hingga Rp. 150 per kg dari harga di pasaran, akibat pertambahan biaya angkut dan bongkar muat menggunakan perahu (boat) dan sejenisnya. Ini mesti segera kita selesaikan, agar masyarakat tidak terus mengalami kerugian.

Baca juga  Hadiri Silaturahmi Di Dishub, Pj. Bupati : Tingkatkan terus amal ibadah di bulan suci Ramadhan

“Ponton yang digunakan tersebut adalah bekas rute penyeberangan Lubuk Sidup, Sekerak – Aras Sembilan Kecamatan Bandar Pusaka, yang dipindahkan pasca operasional jembatan penghubung.
Getek ini sudah puluhan tahun digunakan di sana, begitu ada jembatan, kita pindahkan ke rute Tanjung Binjai -Kampung Baru.

Baca juga  Polri Bekerja Sama Dengan Pihak Kantor Imigrasi Tangkap DPO Interpol WN Jepang di Batam

“Meski anggarannya terbatas, tapi getek tersebut tetap harus diperbaiki. Judulnya rehabilitasi getek, yang terpenting bisa kita manfaatkan kembali dan masyarakat tidak terus dirugikan dengan ketiadaan getek,” ungkap Pj. Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan menjelaskan, saat ini sarana getek penyeberangan sungai masih dibutuhkan warga terutama yang tinggal di seberang sungai. Meskipun beberapa kampung dari hulu hingga hilir sudah merdeka dari getek, akan tetapi getek masih menjadi andalan sebagai transportasi angkutan air yang dikelola oleh kampung,”jelasnya.

“Yang masih mengunakan getek ada tujuh kampung yakni, Bandar Khalifah, Rantau Pakam, Tanjung Gelumpang, Sekumur, Juar, Baling Karang, dan Tanjung Binjai. Hasil dari jasa getek menjadi PAD kampung,” ujar Kepala Dinas Perhubungan.

Baca juga  Dinilai Kangkangi Qanun, GARANG Geruduk Kantor PT FIF Unit Kuala Simpang

 

(FAHKRUL RAZI)

 

KETUK PLY UNTUK MELIHAT SIARAN SAMPIT TV